• 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Instalasi Mesin dan Pengenalan Komponen
#1
Setelah kita tahu mengenai Mesin Absensi RFID, sekarang kita juga bisa merakitnya loh. Karena komponen yang diperlukan sangat mudah untuk didapat, dan perakitannya pun cukup mudah.




1. Kartu RFID, Kartu RFID ( Radio Frequency Identification) adalah kartu yang nantinya akan digunakan oleh siswa saat melakukan absen. Kartu RFID ini berbeda dengan kartu pada umumnya karena didalamnya terdapat suatu data atau informasi yang akan dibaca oleh mesin,,
2. RFID Reader, RFID Reader berfungsi sebagai pembaca data dari Kartu RFID
3. NodeMCU ESP8266, NodeMCU ini berfungsi sebagai mikrokontroler dan sebagai platform IoT yang akan mengubungkan RFID Reader dengan wifi untuk mengirimkan hasil pembacaan ke server.
 
Untuk lebih jelasnya lagi kita bisa melihat list komponen yang dibutuhkan saat merakit mesin absensi di file (List komponen perakitan mesin absensi RFID)

IOT_larashop dan bisa dilihat di (link pembelian komponen mesin absensi)

Dan lebih jelasnya lagi sudah dibuatka video pengenalan komponen yang dibutuhkan untuk merakit Mesin Absensi RFID, supaya kita juga paham fungsi dari masing-masing komponen yang digunakan pada mesin Absensi RFID



Setelah kita mengetahui komponen yang dibutuhkan tentu saja kita lanjut ke tahap perakitan mesin. Dalam perakitan mesin ini kita membutuhkan solder sebagai alat untuk menghubungkan masing masing kaki komponen menggunakan timah.

Ketika melakukan penyolderan kita sangat perlu berhati-hati dikarenakan solder merupakan konduktor atau penghantar panas yang baik. Jika tangan atau jari kita terkena mata solder yang panas maka tangan kita akan melepuh, jadi kita harus berhati-hati. Lalu pada saat penyolderan komponen kita tidak boleh menempelkan kaki komponen dengan solder telalu lama, karena akan ada kerusakan pada komponen yang nantinya mempengaruhi kerja mesin absensinya sendiri.

Komponen akan dipasang pada suatu board yaitu PCB (Project Circuit Board) yang sudah dibuat oleh kami,, Di dalam PCB terdapat jalur jalur tembaga yang akan menghububgkan kaki komponen satu dengan yang lainnya,, Untuk PCB Mesin Absensi RFID hanya bisa didapatkan melalui toko online :
- https://www.tokopedia.com/lskkstore
-https://smkn3metro.sch.id/toko/produk/mo...m-dirakit/[/font]

Untuk mempermudah poses perakitan kami sudah membuatkan BUKU PANDUAN PERAKITAN ABSENSI RFID yang di dalam nya sudah dijelaskan dengan sangat jelas tentang tahap-tahap merakit mesin Absensi RFID,, Sehingga untuk seseorang yang baru akan masuk ke dunia elektronika mungkin buku panduan ini bisa membantu,

Link Buku Panduan : https://s.id/sDhNZ

Dan Adapun video perakitan Mesin Absensi yang sudah dibuat oleh kami :
  Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)