• 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
1. Pengenalan Smart PJU
#1
Assalamu'alaikum cuyy
Apa Kabar semuaa ??

Pada thread kali ini saya akan mengenalkan apa itu Smart PJU? Mengapa dibuat Smart PJU ? Apa saja Fungsi Smart PJU?

Seperti yang teman - teman ketahui Penerang Jalan Umum (PJU) merupakan fasilitas umum yang berfungsi sebagai penerangan jalan dimalam hari sehingga para pejalan kaki, pesepeda, dan pengguna kendaraan lainnya dapat melihat dengan lebih jelas jalan/medan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keaamanan para pengguna jalan dari kegiatan/aksi kriminal. Penerangan jalan umum (PJU) adalah hal penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari, tidak hanya di daerah perkotaan, tetapi juga di pedesaan dan pelosok.


Dengan memanfaatkan teknologi yang sudah maju ini yaitu Internet of Things (IoT), maka PJU dapat dipantau keadaan arus listriknya yang nanti akan dilihat oleh para teknisi perbaikan PJU. Apabila PJU tidak menghasilkan arus listrik maka data tersebut dapat dilihat oleh para teknisi perbaikan PJU melalui Internet atau website.

Smart PJU adalah alat yang berfungsi sebagai pemantau arus, tegangan, frekuensi, daya, dan energi pada suatu PJU yang menggunakan konsep IoT. Komponen utama IoT pada alat Smart PJU ini yaitu NodeMCU ESP8266 V.3 dan menggunakan komponen PZEM-004T V.3 100A sebagai modul yang sudah sepasang dengan sensor pendeteksi arus, tegangan, daya, frekuensi, dan energi yang mengalir pada PJU. Data-data yang dibaca oleh PZEM-004T ini akan dikirim ke RabbitMQ yang merupakan salah satu broker MQTT yang nantinya dapat diperiksa di website RabbitMQ itu sendiri. Dan juga Smart PJU ini dapat mengatur nyala matinya PJU itu sendiri melalui internet atau lebih tepatnya di website RabbitMQ.

Sekian Penjelasan tentang pengenalan Smart PJU ini, Terimakasih.  
 
  Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)