• 2 Vote(s) - 3.5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Stick Pelangiku Oke!
#1
Stick Pelangiku Oke!
Oleh:
Sri Ganingsih, S.Pd, Pratiwi Azizah Ekarani, S.Pd, Wituning Ishati, S.Pd.

Aisyah Aprilia Arafah adalah peserta didik down syndrome kelas 2 di SLB Pancaran Iman Kota Bandung, usianya saat ini delapan tahun. Pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan sangat diperlukan untuk Aisyah, salah satunya adalah pembelajaran mengenal dan mengklasifikasikan warna dasar, karena saat ini Aisyah belum bisa mengenal dan mengklasifikasikan warna dasar.

Guru kelas membuat sebuah media berupa stick pelangi yang diharapkan mampu membantu Aisyah dalam mengenal dan mengkalsifikasikan warna dasar dengan cara menyenangkan. Tantangan yang dihadapi oleh guru adalah kesulitan untuk mempraktikkan secara langsung mengenai cara bermain untuk mengenal dan mengklasifikasikan warna dasar menggunakan stik pelangi kepada Aisyah, dikarenakan pembelajaraan saat ini terdampak pandemi Covid-19 sehingga pembelajaran dilakukan secara daring dan luring.

Karena tidak dapat bertemu Aisyah secara langsung, guru kelas memberikan video tutorial cara bermain stick pelangi untuk mengenal dan mengklasifikasikan warna dasar kepada Aisyah yang nantinya akan diikuti oleh Aisyah di rumah. Setiap hari guru melakukan evaluasi melalui video call bersama Aisyah dan orang tua.

Hasil yang diperoleh adalah Aisyah mampu menyebutkan warna dasar, menunjukkan warna dasar, dan mengkelompokkan warna dasar dengan menggunakan media stick pelangi setelah delapan kali pertemuan. Dikarenakan Aisyah kesehariannya menggunakan bahasa sunda, maka pembelajaran tentang warana dibantu dengan menggunakan bahasa sunda.

Dampaknya Aisyah lebih semangat mengikuti pembelajaran, lebih aktif dan lebih terlihat ceria ketika belajar. Dalam kehidupan sehari-hari Aisyah menjadi mampu menyebutkan warna dasar dari benda-benda di sekitarnya.
  Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)